Kumpulan Kata Bijak Umar Bin Khattab

Kumpulan Kata Bijak Lengkap Mutiara Kehidupan Islam Umar Bin Khattab - Nama lengkapnya Umar bin al-Khattab bin Nufail bin Adi bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurth bin Razah bin Adi bin Ka’ab bin Luai, Abu Hafsh al-Adawi. Umar diberi gelar Al Faruq oleh Rasulullah SAW. Al Faruq berarti orang yang dapat membedakan kebenaran dan kebathilan. Merupakan salah satu dari empat Khulafaur Rasyidin, khalifah ke-2 umat Islam.

Umar merupakan sosok pemimpin yang sangat disegani, baik oleh umat Muslim maupun kaum kafir Quraisy. Umar disegani karena ketegasannya dalam menjalani kehidupan. Ketika Umar baru masuk agama Islam, yang saat Islam masih rapuh dan minoritas, pemeluknya masih menyembunyikan keislamannya, Umar dengan lantang mengakui keislamannya di hadapan pemuka-pemuka kaum Quraisy. Kemudian ketika Umar diangkat sebagai khalifah, bukannya merasa senang dan bersyukur seperti pemimpin yang terpilih seperti sekarang ini, wajahnya menunjukkan kegundahan dan kegelisahan yang amat sangat. Hal tersebut dikarenakan Umar memikirkan saat perhitungan perbuatannya di hadapan Allah. Subhanallah, kisah Umar ini menunjukkan keteladanan pemimpin yang dapat dijadikan acuan. Bahwa ketika keimanan seseorang itu begitu kuat, maka setiap tindakannya akan berhati-hati karena setiap perbuatan pasti akan dimintai pertanggungjawaban.

Di bawah ini adalah kumpulan kata-kata bijak Umar Ibn Al Khattab. Silahkan dijadikan sebagai mutiara kehidupan, motivasi, nasehat, dan semangat untuk selalu berlomba dalam hal kebaikan.

Kata Bijak Umar Ibn Al Khattab


KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR

Kata Bijak Umar Bin Khattab tentang Keadaan Senang Sedih

Kata Bijak Umar Bin Khattab tentang Keadaan Senang Sedih "Aku tidak peduli atas keadaan susah dan senangku, karena aku tidak tahu manakah diantara keduanya itu yang baik bagiku..." - Umar Bin Khattab.


Orang yang Paling Disukai Umar Bin Khattab

Orang yang Paling Disukai Umar Bin Khattab "Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku..." - Umar Bin Khattab.


Alasan Mencari & Meninggalkan Ilmu Umar Bin Khattab

Alasan Mencari & Meninggalkan Ilmu Umar Bin Khattab "Janganlah kamu mencari ilmu karena 3 hal : untuk berdebat, untuk dibanggakan, karena pamrih. Dan jangan pula kamu meninggalkannya karena 3 hal : karena malu mencarinya, karena zuhud (menjauh) darinya, karena rela untuk tidak mengetahuinya..."


Petuah Umar Bin Khattab tentang Kejujuran

Petuah Umar Bin Khattab tentang Kejujuran "Bersikap jujurlah walau nyawa taruhannya!" - Umar Ibn Al Khattab.


Hakikat Lelaki Sejati Menurut Umar Bin Khattab

Hakikat Lelaki Sejati Menurut Umar Bin Khattab "Laki-laki sejati bukanlah yang kuat gertakan dan hentakan ancamannya. Tetapi yang dapat menjalankan amanah dengan baik dan menjaga kehormatan orang lain..." - Umar Bin Khattab.


6 Wasiat Umar Bin Khattab

6 Wasiat Umar Bin Khattab "Jika engkau menemukan cela pada orang lain dan hendak mencacinya, lihatlah dirimu dahulu. Karena mungkin celamu lebih banyak darinya.
Jika engkau hendak memusuhi orang lain, musuhilah perutmu dahulu. Karena tidak ada musuh yang lebih berbahaya bagimu selain perut.
Jika engkau hendak memuji orang lain, pujilah Allah. Karena tiada seorang manusia pun lebih banyak dalam memberi dan lebih santun serta lebih lembut kepadamu selain Allah.
Jika engkau ingin meninggalkan sesuatu, tinggalkanlah kesenangan dunia. Sebab apabila engkau meninggalkannya, berarti engkau terpuji.
Jika engkau bersiap-siap untuk sesuatu, maka bersiaplah untuk mati. Karena jika engkau tidak bersiap untuk mati, engkau akan menderita, rugi, dan penuh penyesalan.
Jika engkau ingin mencari sesuatu, maka carilah akhirat. Karena engkau tidak akan memperolehnya kecuali dengan mencarinya." - Umar Ibn Al Khattab

Hindari Sifat Malas dan Bosan Umar Bin Khattab

Hindari Sifat Malas dan Bosan Umar Bin Khattab "Hindarilah sifat malas dan bosan, karena keduanya kunci keburukan. Sesungguhnya jika engkau malas, tidak akan banyak melaksanakan kewajiban. Jika engkau bosan, tak akan tahan dalam menunaikan kewajiban."


8 Nasehat Umar Bin Khattab tentang Apa-apa yang Harus Ditinggalkan

8 Nasehat Umar Bin Khattab tentang Apa-apa yang Harus Ditinggalkan "Barang siapa meninggalkan ucapan yang tidak perlu, maka dia akan diberi hikmah.
Barang siapa meninggalkan penglihatan yang tidak perlu, maka dia akan diberi kekhusyu'an dalam hati.
Barang siapa meninggalkan makan yang berlebihan, maka dia akan diberi kenikmatan beribadah.
Barang siapa meninggalkan tertawa yang berlebihan, maka dia akan diberi kewibawaan.
Barang siapa meninggalkan humor, maka dia akan diberi kehormatan.
Barang siapa meninggalkan cinta duniawi, maka dia akan diberi kecintaan kepada akhirat.
Barang siapa meninggalkan perhatiannya kepada aib orang lain, maka dia akan diberi kemampuan untuk memperbaiki aibnya sendiri.
Barang siapa meninggalkan penelitian tentang bagaimana wujud Allah, maka dia akan terhindar dari nifaq (munafik)."

Keutamaan Sabar Umar Bin Khattab

Keutamaan Sabar Umar Bin Khattab "Ketahuilah, bahwa sabar itu dua. Yang satu lebih utama dari yang lain. Sabar pada waktu musibah itu baik. Dan yang lebih baik daripadanya lagi, ialah sabar (menahan diri) dari yang diharamkan Allah Ta’ala."


Lelah Senang Hilang Berganti Pahala Dosa

Lelah Senang Hilang Berganti Pahala Dosa "Keletihan dalam taat akan hilang dan yang tersisa hanyalah pahalanya. Kesenangan dalam maksiat akan hilang dan yang tersisa hanyalah hukumannya."


Itulah 10 kata-kata bijak Umar Bin Khattab yang dapat saya bagikan ke teman-teman. Tentunya masih banyak quotes bagus dari Umar Bin Khattab yang belum saya masukkan ke dalam daftar ini. Untuk itu, bagi teman-teman yang memiliki referensi, silahkan dishare melalui komentar di bawah, ya. Kata-kata bijak Umar Ibn Al Khattab ini sudah saya tuangkan ke dalam bentuk gambar persegi 500x500px dengan ukuran kecil sehingga lebih mudah untuk menyebarluaskannya. Teman-teman bisa menjadikannya foto profil akun sosial media atau DP BBM teman-teman. Semoga bermanfaat.

Kumpulan Kata Bijak Umar Bin Khattab
Reviewed by Teknomia on Tuesday, March 24, 2015
Rating: 5

1 comments :